Ini Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Agar Tidak Terjadi BUDI (Buka diam-diam), Nomor 5 Wajib Dihindari!

Posted on

Buka puasa diam-diam adalah hal yang biasa dilakukan oleh seseorang ketika mereka tidak kuat dalam menahan haus dan lapar ketika menjalankan puasa. Mereka buka diam-diam agar mereka tidak malu sama orang sekitar ataupun dapat marah dari oleh keluarga mereka karena tidak berpuasa. Jadi mereka akan membatalkan puasa secara diam-diam kemudian berpura-pura untuk berpuasa kmbali dihadapan orang lain.

Tentu saja ini adalah hal yang sangat tidak patut di contoh. Karena berpuasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi yang beragama islam. Buka diam-diam atau yang biasa di singkat “BUDI” biasa terjadi bukan hanya tidak mampu lagi menahan lapar atau haus melainkan karena ada beberapa kebiasaan yang dilakukan dapat menjadi pendorong untuk melakukan “Budi” ini.

Berikut beberapa hal yang harus kita hindari agar selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan kita tidak pernah melakukan Budi alias buka diam-diam :

1. Menghayalkan makanan atau minuman.

Terkadang seseorang  ketika sedang  tidak melakukan apapun dan sedang bersantai secara tidak langsung biasanya akan berkhayal. Nah, terkadang disaat berpuasa begini khayalan yang akan terjadi yaitu tentang makanan atau minuman. Baik itu tentang makanan favorit ataupun takjil yang akan disantap ketika berbuka nanti. khayalan yang seperti ini secara tidak langsung akan meningkatkan rasa lapar dan menjadi tergoda untuk segera menyatap suatu hidangan yang lagi dibayangkan. Ini bisa jadi pemicu yang kita anggap biasa namun sering dilakukan jadi mulai sakarang hhindari kebiasaan yang satu ini.

2. Hindari Pembicaraan tentang makanan atau minuman.

Terkadang ketika sedang ngobrol bersama teman ataupun keluarga kita akan akan mencari topik pembicaraan lain ketika pembahsan utama telah selesai. Namun ketika mencari topik pembicaraan lain usahakan hindari topik yang menyangkut kuliner karena pembahasan seperti ini juga akan mampu mempercepat rasa lapar dari dalam diri. Sehingga memicu untuk melakukan “Budi” ketika pembahasan selesai.

3. Usahakan tidak melewati area yang memiliki aroma makanan.

ketika sedang jalan disuatu tempat tentu saja terkadang ketika melewati area dapur ketika berada di rumah atau rumah makanan ketika berada ditempat umum. Tempatseperti ini yang harus kita hindari karena terkadang muncul aroma makanan yang membuat nafsu makanan menjadi meningkat dan mendorong rasa lapar untuk bergejolak diperut. Sehingga kita tidak diam-diam mengambil makanan di dapur atau diam-diam masuk ketempat makanan walaupun jam berbuka belum tiba.

4. Kurangi bergaul sementara dengan teman yang suka melakukan “BUDI”.

tentu saja terkadang teman juga memiliki peran penting dalam terjadinya tragedi budi. Hal ini disebabkan teman yang sudah biasa melakukan hal tersebut akan berusaha menggodamu untuk melakukannya juga apa lagi ketika dia tidak memiliki teman lain untuk melakukan buka diam-diam. Nah, godaan yang datang dari teman ini juga yang bisa mematahkan pertahananmu untuk tidak melakukan kegiatan yang tidak semestinya dilakukan tersebut.

5. Melihat video atau gambar makanan.

Kegiatan yang satu ini adalah yang paling sering kita lakukan baik melalui sosial media seperti Instagram ataupun melalui youtube. Dimana teradpat banyak gambar atau video yang memperlihatkan cara masak dan menyajikanan makanan yang sangat menggoda. Tentu saja hal ini akan memicu otak agar segera memikirkan bagaimana cara untuk segera menyantapnya.

Jadi itu tadi beberapa hal yang kalian harus hindari selama melakukan puasa ya. Agar puasa kalian bisa lengkap selama bulan Ramadhan karena tidak melakukan budi lagi alias buka diam-diam.

Penulis : Pokerface24

1 comment

  1. Hey There. I found your blog using msn. This is a very smartly written article. I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful information. Thank you for the post. I will definitely comeback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *